Rabu, 13 Januari 2010

NIRVAANA SHATAKAM



Mano buddhyahankara chittaani naaham
Na cha shrotra jihve na cha ghraana netre
Na cha vyoma bhumir na tejo na vaayuh
Chidaananda rupah Shivoham Shivoham...

Na cha praana sangyo na vai panca vaayur
Na vaa sapta dhaatur na vaa panca koshaah
Na vaak paani paadam na chopastha paayuh
Chidaananda rupah Shivoham Shivoham...

Na me dvesha raago na me lobha moho
Na me vai mado naiva maatsarya bhaavah
Na dharmo na chaartho na kaamo na mokshah
Chidaananda rupah Shivoham Shivoham...

Na punyam na paapam na soukhyam na dukham
Na mantro na tirtham na vedo na yagyah
Aham bhojanam naiva bhojyam na bhoktaa
Chidaananda rupah Shivoham Shivoham...

Na mrtyur na shankaa na me jaati bhedah
Pitaa naiva me naiva maataa na janma
Na bandhur na mitram gurur naiva shishyah
Chidaananda rupah Shivoham Shivoham...

Aham nirvikalpo niraakaara rupo
Vibhutvaacha sarvatra sarvendriyaanaam
Na chaasangatam naiva muktir na meyah
Chidaananda rupah Shivoham Shivoham...

Bukan pikiran, bukan pula intelek; bukan ego bukan pula yang menyebabkan ego; bukan panca indra; bukan langit dan bukan bumi; bukan cahaya dan bukan angin-Aku Adalah Kesadaran Murni, Kebahagiaan Yang kekal Abadi-itulah Aku...
Apa yang disebut prana, energi, bukanlah aku; bukan elemen-elemen alami, bukan pula lapisan kesadaran dalam diri manusia; bukan badan kasat ini-Aku Adalah Kesadaran Murni, Kebahagiaan Yang Kekal Abadi-Itulah aku...
Tidak ada yang Kusukai, dan tidak ada yang tidak kusukai; tidak serakah, tidak pula bimbang; Tidak angkuh, tidak iri; tidak ada keinginan apa pun dalam diriku-sekalipun untuk kebebasan itu sendiri-Karena Aku Adalah Kesadaran Murni, Kebahagiaan Yang Kekal Abadi-Itulah Aku...
Amal saleh dan dosa dua-duanya telah kulampaui; suka dan duka tidak lagi mempengaruhi Aku; Ritual dan perjalanan suci, kenikmatan dan rasa nikmat itu sendiri semuanya sudah kelampaui-Aku Adalah Kesadaran Murni, Kebahagiaan Yang Kekal Abadi-Itulah Aku...
Tidak ada lagi rasa takut akan kematian; Tidak kukenali lagi perbedaan antara kelompok; Ayah, ibu, sahabat, saudara, guru, murid-tak sesuatu pun yang kumiliki; Kelahiran dan Kematian tidak kukenali lagi-Aku Adalah Kesadaran Murni, Kebahagiaan Yang Kekal Abadi-Itulah Aku...
Pikiran telah Kulampaui; Tak berwujud, namun berada di mana-mana; tidak terikat, tidak mengenal kebebasan dan tidak bisa diukur-Aku Adalah Kesadaran Murni, Kebahagiaan Yang Kekal Abadi-Itulah Aku...
(Disadur dari Buku Autobiography Of Yogi, By Anand Krishna)

Tidak ada komentar: