Sabtu, 19 Desember 2009

Masa lalu tidak dapat bertahan dalam kehadiran anda



Apa pun yang perlu anda ketahui tentang ketidaksadaran masa lalu dalam diri anda, tantangan-tantangan saat sekarang akan membawanya keluar. Bila anda mempelajari masa lalu, masa itu akan menjadi seperti sumur tanpa dasar : selalu masih ada lagi. Mungkin anda mengira bahwa anda memerlukan lebih banyak waktu untuk memahami masa lalu atau membebaskan diri darinya. Dengan kata lain, anda mengira bahwa masa depan pada akhirnya akan membebaskan anda dari masa lalu. Hal ini adalah khayalan belaka. Hanya masa kinilah yang dapat membebaskan anda dari masa lalu. Waktu yang lebih banyak tidak akan membebaskan anda dari waktu

Dapatkan akses pada kekuatan saat sekarang, itulah kuncinya. Kekuatan saat sekarang tidak lain adalah kekuatan kehadiran anda, kesadaran anda yang dibebaskan dari berbagai bentuk pikiran. Jadi, tangani masa lalu pada tataran saat sekarang. Semakin banyak perhatian yang anda berikan pada masa lalu, semakin besar energi yang anda berikan padanya, dan semakin besar kemungkinan anda menjadikan hal itu sebagai "diri sendiri".

Jangan salah mengerti : Perhatian itu penting, tetapi bukan untuk diberikan pada masa lalu sebagai hal yang telah berlalu. Berikan perhatian anda pada saat sekarang, berikan perhatian pada perilaku anda, reaksi anda, suasana hati, pikiran, emosi, ketakutan, dan hasrat anda yang sedang terjadi pada saat sekarang. Akan selalu ada masa lalu dalam diri anda. Bila anda dapat cukup sadar untuk mengamati semua hal itu, bukan dengan memberikan kritikan atau memberikan analisis, tetapi tanpa memberikan penilaian apa pun, maka anda dapat berurusan dengan masa lalu dan melenyapkannya melalui daya kehadiran anda.

Anda tidak dapat menemukan diri sendiri dengan pergi ke masa lalu. Anda dapat menemukan diri sendiri dengan memasuki saat sekarang.

(Disadur dari Practising The Power Of Now, Eckhart Tolle)

Tidak ada komentar: